Setelah Wesselink et al (2010) mempublikasikan instrumen penilaian mandiri sekolah (school self assessment)
tentang implementasi pembelajaran berbasis kompetensi pada sebuah
program studi, Sturring et al (2011) memvalidasi kembali dengan
mempertimbangkan masukan dari guru-guru yang telah menerapkan
pembelajaran berbasis kompetensi. Berikut ini instrumen yang dapat
digunakan oleh sekolah dalam menilai seberapa pencapaian prinsip-prinsip
pembelajaran berbasis kompetensi telah diimplementasikan dalam program
studiny. Instrumen yang dihasilkan Wesselink et al (2007) sudah
diterjemahkan dalam berbagai bahasa diantaranya Bahasa Belanda, Bahasa
Inggris dan Bahasa Indonesia.
Sumber:
Sturing,
L., Biemans, H.J.A., Mulder, M. & De Bruijn, E. (2011). The Nature
of Study Programmes in Vocational Education: Evaluation of the Model for
Comprehensive Competence-Based Vocational Education in the Netherlands.
Vocations and Learning, 4(3), pp. 191-210.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar