Sabtu, Juli 07, 2012

Etika di Toilet Pria (Urinal Male Restroom Ettiquete)

Etika berperan penting dalam pendidikan karakter. Kalau dalam agama Islam diatur adab ketika akan buang hajat misalnya doa masuk WC, pakai kaki kiri dulu, cara-cara beristinjak, dlsbnya, ternyata ada juga etika yang perlu diperhatikan ketika sedang di toilet umum bagi pria. Penting diperhatikan bagi pria yang sering berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki budaya berbeda, sering sering traveling plus susah nahan kencing. Etika ini diperkenalkan untuk mengantisipasi ketidaknyamanan ketika sedang ada di toilet, khususnya toilet yang menyediakan sistem urinoirberdiri bagi pria seperti dalam video berikut. Kalau saya sih lebih nyaman dalam bilik, kecuali sudah sangat kebelet. Intinya yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Jaga privasi orang lain, meskipun di toilet.
  2. Jaga pandangan, hindari tatap muka wajah secara langsung.
  3. Kalo di toilet sudah ada orang lain yang sedang kencing, cari urinoir dengan jarak paling jauh dari orang tersebut.
  4. Boleh membersihkan/bener-bener memastikan alat vital kering dengan cara mengibas-ngibaskannya secara wajar. Tapi jangan sampai nyiprat kemana-mana. Kita juga risih kan kalo di tempat tersebut kotor ada bekas sisa orang lain.
  5. Jaga kebersihan urinoir dan lingkungan toilet. Jangan bikin becek di lantai.
  6. Hindari sambil bercakap-cakap meskipun dengan teman, apalagi ngobrol lama. Demikian juga kurangi suara-suara yang bisa menimbulkan kesalahpahaman. Misal buang angin yang terlalu kenceng, kecuali memang gak bisa dihindarkan.
  7. Cuci tangan di tempat yang disediakan.
Lebih lengkapnya bisa dilihat di video berikut:

Tidak ada komentar: