Sabtu, Juli 21, 2012

Beasiswa Travel Grant untuk Konferensi Internasional

Berawal dari browsing-browsing tentang Pendidikan kejuruan di Indonesia, saya memperoleh informasi tentang konferensi yang akan diselenggarakan oleh UNESCO - UNEVOC di Zurich, Switzerland 2012. Tertarik dengan konferensi tersebut, saya coba explore lebih lanjut website-nya, dan mata saya tertuju pada link travel grant yang disediakan. Setelah membaca persyaratan, saya mencoba mengisi formulir yang disediakan. Isinya berkisar tentang kegiatan yang sedang saya jalani dan relevansinya dengan konferensi tersebut. Saya memperoleh informasi dalam waktu yang cukup singkat, dan sehari sebelum deadline, saya kirim aplikasi saya. Iseng-iseng berhadiah, toh saya tidak mengeluarkan uang sama sekali. Dan seminggu kemudian, saya mendapatkan balasan e-mail bahwa aplikasi saya diterima. Alhamdulillahirobbil' aalaminn. Tidak cuma untuk biaya perjalanan, tapi saya juga digratiskan biaya konferensi dan dinner-nya.

Artinya, saya berkesempatan untuk melihat dunia lain (let's say jalan-jalan) gratis. Kesempatan tersebut bisa juga digunakan untuk update informasi, mengembangkan networking dan bertemu dengan para praktisi pendidikan kejuruan di negara-negara lain. Tentu kesempatan yang sangat sayang untuk dilewatkan meskipun waktu lihat-lihat tiket penerbangan, minimum perjalanan dari Jakarta ke Zurich 17 jam. Ditambah lagi saya diminta mempresentasikan aktivitas saya dalam bentuk poster, tentu perlu persiapan dan ekstra pekerjaan. Jadi sekedar berbagi saja:
  • Sering-sering saja mencari informasi dari browsing-browsing dari internet. misal dari www.goingtomeet.com, www.conferencealert.com, dan lain-lain.
  • Kalau ada yang diminati, coba diexplore lebih lanjut. Cari kemungkinan ada travel grant yang ditawarkan. (Dalam kasus saya cuma tersedia buat 4 orang). Sebagai penduduk dari negara berkembang, kita sering memperoleh jatah tersendiri.
  • Jangan ragu untuk mencoba apply, nothing to loose
  • Buatlah aplikasi yang menarik, singkat, padat dan ada take home message-nya
  • Lakukan yang terbaik, serahkan hasilnya pada Yang Kuasa
Lalu apa yang ingin saya presentasikan? Semoga nanti bisa saya share di blog ini.

Tidak ada komentar: