Info terkini

Loading...

Jumat, Juli 06, 2012

Kreasi dan Resep Peyek Renyah



Peyek renyah, gurih, dan nagih
Ini peyek, kata teman saya dari Bandung namanya Rempeyek Jawa, asli hasil kreasi sendiri waktu iseng. Kalau jenuh jaman kuliah di negeri orang dulu, nambah keterampilan masak. Kalo beli di luar boros euy. Ini hasil coba-coba bikin peyek pertama kali. Awalnya nyari bantuan Om Google lewat blogwalking sana-sini nyari resep peyek yang mudah dan gak pakai bahan aneh-aneh. Berbekal pede, hasilnya lumayan. Peyek ini saya sajikan ke teman-teman waktu pas ketempatan kumpul-kumpul pengajian di Kraneweg, Groningen. Jadi bikinnya ya lumayan banyak. Cape' tapi puas.


Ide awal bikin peyek adalah karena mendapatkan warisan ikan asin dari teman Korea yang balik kampung, plus saat itu lagi masa-masa kronis kangen sama kampoang nan jauh di mato. Bikin peyeknya sehari sebelum hari kumpulan pengajian. Setelah selesai, musti ke kampus ada janjian belajar kelompok. Waktu pulang dari kampus sedikit kecewa melihat hasil peyeknya mlempem. Dari segi rasa sudah oke banget, tapi kok mlempem. Terus coba-coba di panasin lagi, digoreng sebentar, hasilnya luar biasa. Garing, gurih dan renyah. Juga gak terlalu berminyak. Dan renyahnya bisa bertahan lama, gak mlempem lagi. Habis pengajian ludes deh semua peyek-peyek itu, baik yang peyek kacang maupun peyek teri.

Resepnya sebagai berikut:
Bahan (saya cuman ngira-ngira aja ukurannya, jadi susah direplikasi)
tepung beras
tepung kanji
santan
telur ayam
lembar daun jeruk, diiris tipis
ikan teri kering dan kacang tanah (dipotong-potong biar jadi banyak. Biar hemat, saya beli kacang buat makanan burung di C-1000, hehehe)
Minyak untuk menggoreng
Bumbu halus:
bawang putih
butir kemiri
ketumbar
kunyit, kencur
garam

CARA MEMBUAT :
  1. Campur tepung beras dan tepung kanji.
  2. Masukkan bumbu halus, telur, dan santan sampai adonan cukup encer.
  3. Tambahkan daun jeruk, aduk rata.
  4. Panaskan minyak goreng.
  5. Ambil satu sendok sayur adonan. Tambahkan ikan kering, atau kacang tanah.
  6. Tuang ke wajan yang panas sambil disiram-siram minyak hingga lepas dari wajan.
  7. Goreng sampai renyah, jangan lupa dibalik.
  8. Peyek ini bukan yang model tipis-tipis teman makan pecel. Peyek lebih tebel dan bisa bulat-bulat sempurna, tapi musti dua kali penggorengan.
Sumber : lupa, pokoknya hasil googling, bukan ide sendiri.

Tidak ada komentar: